Sabtu, 29 Desember 2012

google bisa diakses kembali di cina setelah 12 jam diblokir


Hubungan Google dan pemerintah Cina memang terbilang pasng surut. Baru-baru ini pasca sabtu kemarin diblokir selama 12 jam, beberapa layanan Google kini kembali bisa diakses oleh pengguna internet di Cina.




Belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah Cina mengenail alasan pemblokiran sejumlah layanan dari Google seperti search engine, Gmail, Google Analytics dan beberapa lainnya. Akhirnya para pengguna internet di negeri tirai bambu tersebut bisa kembali menggunakannya.
Kemungkinan besar, pemblokiran pada sabtu kemarin ialah karena pada di Cina akan  diadakan kongres partai komunis yang berkuasa. Dan pemblokiran tersebut sesaat sebelum berlangsungnya acara kongres tersebut.
Bukan kali ini saja beberapa layanan Google diblokir oleh pemerintah Cina. Beberapa tahun yang lalu, pemerintah Cina juga melakukan pemblokiran sementara ke beberapa akses layanan Google karena permalahan sensor yang tidak dipatuhi oleh Google.

Pemerintah Cina meminta Google untuk menyensor layanan search engine yang memang menjadi keharusan di Cina. Namun Google saat itu menolak permintaan penyensoran tersebut.
Masalah lainnya ialah soal pembobolan akun Gmail yang dipakai oleh beberapa aktivis HAM Cina yang kemudian membuat Google marah. Bahkan Google sempat menyatakan hengkang dari Cina daratan saat itu akibat perlindungan privasi pada layanan Email Gmail yang dilanggar pemerintah Cina.

Sebenarnya tidak hanya Google yang mengalami masalah sengketa dengan pemerintah tempat mereka beroperasi. Produsen smartphone dan penyedia jaringan teknologi asal Cina seperti ZTE dan Huawei  juga beberapa waktu lalu bermasalah dengan pemerintah Amerika Serikat karena ditengarai melakukan gerakan spionase di negeri paman sam tersebut.


Read more: http://blog.fastncheap.com/google-bisa-diakses-kembali-di-cina-setelah-12-jam-diblokir/#ixzz2GVoDWQkk


sumber: http://blog.fastncheap.com/google-bisa-diakses-kembali-di-cina-setelah-12-jam-diblokir/#ixzz2GVoDWQkk

2 komentar:

  1. blog.mu bgus...tmbahh lg yang bnyakk artikel"nya yaaa...

    BalasHapus
  2. good jobb!!

    blognya sangat menarik & tentunya sangat bermanfaat..

    hidup simbah!..!

    BalasHapus