Sabtu, 15 Desember 2012

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Sebenarnya beberapa tulisan terkait dengan contoh surat lamaran kerja sudah pernah dipublikasikan melalui blog Karo Cyber. Karena tulisan-tulisan tersebut penulis anggap tidak terlalu mendalam, maka pada kesempatan ini kembali penulis akan mempublikasikan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang tentunya didasari dari berbagai hal tentang surat lamaran itu sendiri, mulai dari pengertia surat lamaran kerja, jenis-jenis surat lamaran kerja dan sebagainya.
Untuk membahas secara detail dari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar seperti halnya judul tulisan ini, maka akan kita mulai terlebih dahulu dari pengertian surat lamaran kerja itu sendiri, yaitu sebagai berikut ini:
A. Pengertian Surat Lamaran KerjaSurat lamaran kerja atau job application letter adalah surat yang didefenisikan sebagai sebuah surat, baik yang ditulis pada lembaran kertas dan juga ditulis dengan menggunakan kerta elektronik dan dibuat oleh seseorang yang sedang mencari kerja, baik yang belum pernah bekerja mapun yang sudah pernah berkerja untuk mengisi lowongan kerja yang ditawarkan oleh pihak lain, baik perseorangan, organisasi perusahaan, atau instalasi pemerintah.
Adapun seseorang yang disebut sebagai pencari kerja yang belum pernah bekerja adalah orang yang baru lulus dari suatu lembaga pendidikan dan baru pertama sekali memasuki dunia kerja. Sementara pencari kerja yang sudah bekerja adalah orang yang sudah mempunyai pengalaman kerja dan ingin mencari pengalaman berbeda di suatu lembaga bisnis atau non bisnis yang lain.
B. Format Penulisan Surat Lamaran Kerja
Dalam penulisan surat lamaran kerja perlu diketahui bagaimana format penulisannya yang benar. Penulisan format surat lamaran kerja yang benar dapat dilihat seperti penjelasan dibawah ini:
1. Tempat dan tanggal pembuatan surat2. Perihal Surat3. Eksemplar surat4. Alamat surat5. Isi surat- Isi pembuka surat (diberu sapaan seperti "Dengan hormat"- Alinea pembuka- Alinea isi- Alinea penutup6. Pelamar (pembuat surat)
C. Pedoman penulisan surat lamaran pekerjaan
Dalam penulisan surat lamaran kerja dapat ditulis tangan oleh pelamar, dalam hal ini penulisan dapat dilakukan pada kertas folio bergaris, tetapi tidak boleh pada halaman yang bolak-balik. Selain itu penulisan surat lamaran bisa juga dilakukan dengan cara diketik dengan kualitas kertas yang baik (HVS minimal 60 gram) dengan cara baris 1,5 spasi.
Perlu diingat juga bahwa pada bagian tanda tangan surat lamaran sering kali suatu kantor, khususnya kantor pemerintah menghendaki perlunya dibubuhi materai.
D. Penggunaan bahasa dalam surat lamaran kerja
Penggunaan bahasa dalam penulisan surat lamaran pekerjaan harus mengikuti kaidah-kaidah seperti berikut, diantaranya adalah:
1. Jangan Terlalu bertele-tele2. Bahasanya jangan sok gaul3. Bahasanya jangan sok preman4. Bahasa jangan sok akrab5. Jangan terlalu banyak menggunakan singkatan6. Jika tidak diminta, jangan menentukan gaji
E. Jenis surat lamaran kerja
Surat lamaran pekerjaan terdiri dari beberapa jenis, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:
1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup.
Dalam model surat lamaran kerja ini daftar riwayat hidup termasuk menjadi bagian dari isi surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut sebagai model gabungan. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja gabungan:
__ _______ ___2012
Yth. ___ ___ ____
PT ___ ____ ____
Jln. ___ ___ ______

Dengan hormat, 
Saya bernama lengkap........... Kini, saya berusia.... tahun dan belum menikah. Saya adalah lulusan SMK Negeri.........., tahun........, tepatnya dari jurusan......... Dengan ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di PT........, khususnya sebagai............
Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik. Saya menguasai bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. Saya mampu menggunakan komputer, terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, serta Excel, Word, Acces, PowerPoint, Outlook, dan juga Internet. Sebagai bahan pertimbangan lainnya, bersama surat ini saya lampirkan data diri saya sebagai berikut.
1. Fotokopi ijazah terakhir2. Fotokopi transkrip nilai3. Fotokopi KTP4. dan lain lain
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi diri saya. Demikian surat lamaran ini. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,


............

2. Surat lamaran yang dipisahkan dari daftar riwayat hidupDalam model ini riwayat hidup merupakan lampiran. Karena itu model ini juga disebut dengan surat lamaran model terpisah. Meski dalam praktek pembuatannya memerlukan dua kali kerja, tetapi surat lamaran model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak panjang. Berikut adalah contohnya:

Medan, 16 September 2012
Hal: Lamaran PekerjaanLampiran: Satu Berkas

Yth. Manajer PersonaliaPT. Citra KenangaJln. Jamin Ginting No.221 Medan

Dengan Hormat
Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama Lengkap: Batu Tarigan GernengTempat/Tanggal Lahir: Kabanjahe/24 Agustus 1991Jenis Kelamin: Laki-lakiPendidikan: SMKN 1 Kabanjahe Alamat: Jln. Bom Ginting No.21 Kabanjahe
Mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu agar saya dapat diangakat sebagai karyawan pada PT. Citra Kenanga yang berada dibaawh pimpinan Bapak/Ibu, dan saya bersedia ditempatkan dibagian apa saja sesuai dengan keterampilan yang saya miliki.
Sebagai bahan pertimbangan, bersamaan ini saya lampirkan:
1. Daftar riwayat hidup2. Fotokopi STTB SMK yang dilegalisir3. Dua buah pasfoto ukuran 3x44. Surat keterangan berkelakuan baik5. Surat keterangan kesehatan
Demikianlah surat permohonan ini saya buat dengan sesungguhnya dengan harapan semoga Bapak/Ibu mengabulkannya.
Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya


Batu Tarigan Gerneng
3. Jenis surat lamaran kerja berdasarkan sumber lowongan kerja
Jenis surat lamaran kerja berdasarkan sumber lowongan kerja dapat dibedakan menjadi 3 bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri
Medan, 16 September 2012
Hal: Lamaran PekerjaanLampiran: Satu Berkas

Yth. Manajer PersonaliaPT. Citra KenangaJln. Jamin Ginting No.221 Medan
Dengan hormat, 
Saya adalah lulusan SMK tahun 2010 jurusan Administrasi Perkantoran. Saya bermaksud melamar pekerjaan pada bagian Administrasi di perusahaan Bapak/Ibu. Berikut adalah data pribadi saya.
Nama: Jadohot GintingTempat, tanggal Lahir: Medan, 12 Juli 1988Alamat: Jln. Pales Raya No.45 Medan 20145Telepon: (061) 97007530
Saya belum memiliki pengalaman kerja tetapi saya yakin dapat bekerja sesuai dengan harapan pimpinan perusahaan karena saya telah mengikuti berbagai pendidikan tambahan atau kursus keterampilan yang sesuai dengan keahlian yang saya miliki.
Bersamaan dengan ini saya lampirkan 1 (satu) lembar daftar riwayat hidup berserta lampiran salinan ijazah yang saya miliki sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu selanjutnya.
Saya sangat berharap untuk bertemu dengan Bapak/Ibu pada saat wawancara. Besar harapan saya atas diterima dan dikabulkannya permohonan lamaran kerja ini. Terima kasih
Hormat Saya

Jadohot Ginting.

b. Surat lamaran berdasarkan informasi lowongan kerja
Medan, 1 Agustus 2012

Hal: Lamaran KerjaLampiran: 2 (dua) berkas
Yth. Pimpinan PersonaliaAdira FinanceJalan Asrama Haji, No.33 Medan
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan Bapak/Ibu pada harian Analisa tanggal 20 Juli 2012, saya mengajukan lamaran pada jabatan Sales Marketing seperti yang dimaksud dalam iklan tersebut.
Bersamaan ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak selanjutnya. Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk dites dan diwawancarai.
Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat Saya

Gustap Simarmata

2 komentar:

  1. maksih kk tio atas info.ny
    jd kali ini aku bisa buat surat lamaran

    BalasHapus
  2. maksih tio atas info.ny
    jd kali ini aku bisa buat surat lamaran

    BalasHapus